Review Pelumas-Oli Mobil 1 0W-40 All Around Performance
Review pelumas Mobil 1 0W-40 – Mobil 1 adalah salah satu produk top tier dari exxon. Pelumas ini memiliki kelas full-syntetic dengan base oil group IV. SAE yang dimiliki oli ini adalah 0W-40 dengan API SN dan segudang sertifikasi lainnya yang tidak bisa disebutkan satu-satu. Disini akan membahas penggunaan oli ini pada sepeda motor atau biasa disebut penggunaan oli sesat.
Review Pelumas Mobil 1
Review ini adalah review dari penggunaan pelumas mobil 1 0w-40 all around performance pada motor kopling basah Honda new CB150R. Penggunaan pada merk motor lain bisa berbeda hasilnya.
Pada awal tuang odometer motor sudah sampai pada 21.000 KM, alias sudah tidak muda lagi. pada saat artikel ini dibuat jarak tempuh oli sudah sampai dengan 3.361KM dengan gaya riding “edan-eling” dan medan yang berbeda-beda. jika dibandingkan dengan semua oli yang pernah masuk cb ini oli yang paling enak, dari mulai tuang sampai saat tulisan ini dibuat. Berbeda dengan oli fastron, terutama fastron diesel yang biasanya mulai enak setelah menempuh 500KM. pada penggunaan pfd di Review Oli/Pelumas Pertamina Fastron Diesel di motor Karisma X 2004 PFD cenderung galau, alias kadang enak kadang tidak. Berbeda dengan oli ini yang cenderung stabil dari awal hingga akhir dari segi performance.
BBM yang digunakan pada saat penggunaan pelumas ini adalah Pertalite. Penggunaan pertalite agar meminimalisir terjadinya kontaminasi BBM yang tidak terbakar dan malah merusak pelumas. hal lain yang tidak kalah menarik pada penggunaan pelumas ini adalah konsumsi BBM yang lebih irit, motor new CB150R bisa menempuh jarak 51KM per liter BBM, yang dimana biasanya hanya bisa 46KM per liter BBM. faktor itu mungkin pengaruh dari pelumas ini yang sangat licin.
Penggunaan Pada Kopling Basah
Penggunaan pelumas mobil pada motor dengan kopling basah tentu sangat riskan. Mengingat pada pelumas mobil dibuat agar selicin mungkin untuk efisiensi BBM. Begitu pula pada Pelumas Mobil 1 0w-40 ini, pelumas ini seperti sudah dibahas sebelumnya, sangat licin.
Penggunaan pelumas ini juga sempat membuat khawatir pada saat awal tuang di motor kopling basah seperti CB150R. Tetapi karena rasa penasaran yang tinggi akhirnya dituang juga. Sebenarnya pelumas ini termasuk kedalam pelumas mobil yang “abu-abu” jika digunakan pada kopling basah, tapi karena penasaran, masa bodo kopling slip lah. hahaha
setelah pelumas dituang kedalam motor CB150R akhirnya rasa penasaran terobati, dan benar saja penyesalan selalu datang belakangan. sangat menyesal sekali kenapa tidak dari dulu ketemu sama pelumas ini. hahaha
Feel dari pelumas ini benar-benar WOW… motor seperti kesurupan, jenggat-jenggat hahahha. Jujur saja awalnya tuang pelumas ini buat eco riding, tetapi malah disalah gunakan buat betot gas terus. Secara garis besar saya anggap pelumas ini aman untuk honda New CB150R, terutama bagi yang ingin melakukan eco riding. Tetapi tidak terlalu rekomended jika untuk high rev walau sangat jenggat. kenapa tidak rekomended? semua berawal pada saat perjalanan ke anniv LDIC di Mandala Kitri, Puncak Cibodas. Pada saat jalan mulai menanjak dan RPM berada sekitar 8.000 terjadi sedikit slip pada kopling walau hanya sesaat. padahal pada jalan datar pernah menyentuh 9.500 RPM aman saja, bahkan setelah kejadian slip tersebut. sampai saat ini masih dalam tahap investigasi.
All Around Performance
Pada awalnya tidak terlalu peduli juga dengan tulisan itu, karena biasanya hanya bahasa sales saja. tetapi setelah menempuh jarak 2000KM pada penggunaan pelumas ini, akhirnya tulisan itu membuktikan sesuatu. tulisan itu bukan hanya bahasa sales saja, tetapi sebuah info bahwa mau panas, dingin, embun, atau apalah, pelumas ini tetep enak. hhaha
Dibawa macet-macetan di jakarta, naik gunung di purwakarta, main ke pantai sampe nginep di puncak pas anniv LDIC pelumas ini masih tetap seperti biasanya. pokonya pelumas ini mau panas, dingin tetep enak. kalo ngga percaya silakan coba. hahaha
Sumber Data
Exxon salah satu produsen yang sangat terbuka mengenai data dari produk pelumas mereka, termasuk series mobil 1. Data Mengenai Produk Mobil 1 0W-40 All Around Performance bisa dibaca di http://www.mobil1.com.sg/products/product_0w40.aspx
Penutup
Review pelumas ini hanya berdasar pada pengalaman pribadi dan beberapa informasi yang didapat pada web resmi pelumas tersebut. Segala yang terjadi pada kendaraan anda adalah tanggung jawab masing-masing. Penggunaan oli mobil pada motor kopling basah cukup beresiko menyebabkan slip kopling. Silakan baca tata cara yang baik benar untuk menghindari hal itu. Mungkin cukup Sekian review pelumas ini.
Catatan :
- Oli Mobil 1 0W-40 yang digunakan adalah versi singapore
- Harga oli yang digunakan adalah Versi subsidi dibeli dari toko Online
- jika tidak yakin dengan oli mobil 1 subsidi lebih baik jangan tuang dan bisa sumbangkan kesini. hahhaa
- Artikel ini akan di update sesuai kebutuhan, termasuk masalah penguapannya
Tinggalkan Balasan