Review Fastron Techno 10W40 – Oli/Pelumas Pertamina

fastron techno

Review Fastron Techno 10W40 – Oli/Pelumas Pertamina

Review fastron techno 10W40 – fastron techno adalah salah satu produk pelumas dari perusahaan migas plat merah. Pelumas ini memiliki kelas semi-syntetic dengan kekentalan SAE 10W40 dan memenuhi API sampai dengan SN. Ini adalah jenis pelumas mobil penumpang/PCMO (Passenger Car Motor Oil), tetapi saat ini banyak digunakan di sepeda motor. Selanjutnya mari kita simak ulasan dari pelumas/oli ini:

Review Fastron Techno

Berikut ini adalah review penggunaan pelumas/oli pertamina fastron techno (PFT) dengan SAE 10W40 pada kendaraan roda dua Honda New CB150R. Odometer pada saat oli dituang adalah 17000KM dengan usia motor sekitar 16 bulan. walau ini adalah pelumas untuk mobil bensin tapi pelumas ini masuk dalam kategori aman untuk mesin motor dengan kopling basah. Pelumas ini sangat populer digunakan pada roda dua karena dapat mencapai usia pakai yang cukup lama yaitu 3000km sampai dengan 6000km.

review fastron technoPada saat awal menuang oli ini di CB150R terasa sekali perbedaan dengan oli bawaan dari honda yaitu SPX. Review SPX bisa dibaca di Review Oli/Pelumas AHMOil SPX di CB150R Facelift. Oli ini lebih licin dan membuat suara mesin lebih halus, walau bukan oli paling licin yang pernah saya pakai. Licin yang dimaksud adalah pada saat engine break mesin terasa tidak mengurangi laju motor atau loss begitu saja. masalah performa tidak berbeda jauh dengan oli SPX hanya saja mesin lebih adem.

Jarak Tempuh Maksimal

Pada saat penggunaan oli ini jarak tempuh sampai dengan penggantian oli selanjutnya adalah 3254KM. Keputusan untuk mengganti oli ini pada 3xxxKm adalah karena pada RPM >7rb mesin terasa kasar, tetapi jika RPM <7rb masih sangat halus. Penggunaan oli ini menurut saya lebih kepada orang yang menyukai performa daripada ketahanan. oli ini sangat enak sekali diajak untuk main di RPM tinggi dengan akselerasi yang cukup cepat dan suara mesin tetap halus.

Karakter oli ini sangat terasa pada saat suhu relatif dingin dan menurut saya sedikit kurang enak jika suhu terlalu panas. hal itu berbeda dengan fastron diesel yang memiliki karakter sebaliknya, Dimana jika mesin panas malah lebih enak. Review fastron diesel bisa dilihat di Review Oli/Pelumas Pertamina Fastron Diesel di motor Karisma X 2004.

Jika anda adalah tipe pengendara hemat energi, maka pelumas ini juga cocok untuk anda. hal itu karena oli ini cukup licin, sehingg akan sedikit mengurangi penggunaan bahan bakar karena kecilnya gesekan antara ring pistong dengan dinding silinder. Jarak tempuh oli ini akan bertambah atau akan berumur lebih lama jika untuk eco riding, bisa aman sampai dengan 5000Km dengan BBM minimal pertalite.

Data Teknis Pelumas

Data teknis pelumas digunakan untuk melihat detail data dari sebuah pelumas, Seperti SAE dan komposisi lainnya yang ada pada pelumas. Fastron techno sendiri mempunya data teknis yang disediakan oleh pertamina, jika anda ingin membaca data teknis fastron techno 10W40 anda bisa mengunjungi PDS Fastron Techno 10W40.

Komentar via Facebook

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.