Long Drain Interval Community Indonesia “Save The Resource”

Long Drain Interval Community Indonesia

Long Drain Interval Community Indonesia “Save The Resource”

Apa sih LDIC Indonesia itu?

Long drain interval community Indonesia adalah sebuah gerakan komunitas untuk menghemat penggunaan pelumas pada kendaraan bermotor. LDIC berbagi cara mengenai bagaimana memperpanjang usia pakai pelumas pada mesin, gearbox ataupun pelumasan lain. Komunitas ini dibentuk atas kepedulian pada lingkungan dengan cara meminimalisir limbah sisa dari pelumas kendaraan bermotor. Sebagai contoh rata-rata penggunaan pelumas kedaraan roda dua di Indonesia adalah paling tidak hanya sampai dengan 2000KM, padahal jika kita menggunakan metodologi yang baik dalam pengecekan pelumas penggunaan pelumas bisa sampai dengan 4000KM.

Komunitas ini terdiri dari member dari sabang sampai dengan merauke atau dari ujung barat Indonesia sampai dengan ujung timur Indonesia. Begitu pula dengan kendaraan yang ada, dari honda lawas sampai dengan BMW 1200r, dari angkot sampai dengan Mercedes ada juga disana. LDIC selalu terbuka untuk hal baru selama itu sesuai dengan misi komunitas, yaitu “Save The Resource”. Selain Berbagi cara dan tips masalah pelumasan disana juga bisa bertanya masalah permesinan karena disana banyak sekali suhu masalah mesin tanpa memandang brand tertentu. Di LDIC juga banyak dokumen yang sangat berguna untuk para Newbie yang ingin ikut dalam gerakan “Save The Resource” sebagai panduan awalnyad (Di post lain akan saya share dokumen tersebut atas izin dari momod group).

Kantor atau Basecamp LDIC

Secara resmi LDIC kantor dan basecampnya ada di facebook berbentuk group diskusi yang bersifat tertutup, tapi semua orang bisa gabung kok. LDIC sendiri sudah memiliki sekitar 14rb member yang terdaftar di group facebook tersebut. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya member LDIC dari ujung barat sampai dengan ujung timur Indonesia, hampir di tiap kota LDIC punya member yang kadang melakukan kopdar mingguan, bulanan atau tahunan. Tidak ada syarat apapun untuk gabung LDIC atau ingin mengikuti kopdarannya, selama anda mendukung misi dari LDIC silakan saja ikut nimbrung. LDIC selalu terbuka untuk inovasi terbaru selama itu benar secara logika.

Cara Bergabung dengan LDIC

Anda tertarik dengan LDIC? Terus ingin bergabung dengan komunitas tersebut? Gampang saja tinggal gabung di group facebooknya. Groupnya dimana? Nanti akan saya share linknya dibawah tulisan ini, atau jika anda sudah tidak sabar silakan cari saja di facebook dengan nama group “Long Drain Interval Community Indonesia”, terus klik gabung dan tunggu persetujuan dari mimin atau momod disana. Kenapa harus nunggu persetujuan dari mimin dan momod? Kenapa ngga dibuat group terbuka saja? Sudah jadi rahasia umumlah kalu di facebook tersebut banyak sekali junker dan buzzer, para mimin dan momod ingin group tersebut tetap kondusif supaya enak untuk diskusi. Mimin dan momod disana baik kok, tidak asal kick kalua beda pendapat sama mereka, selama anda tidak menyalahi aturan group yang telah disepakati bersama anda akan aman sentosa.

Istilah-istilah yang sering ada di LDIC

Anda udah gabung dan tidak mengerti istilah yang ada tidak mau bertanya karena takut kena bully member baru? Saya akan coba jelaskan beberapa sitilah yang sering muncul di diskusi. Istihlah yang ada di LDIC itu banyak banget, saya ngga bisa uraikan satu persatu disini.

No. Istilah Pengertian
1. SAE Sae nilai dari kekentalan dari sebuah oli missal 5w30, 10w60, makin kecil nilai belakang W, kemungkinan makin encer oli tersebut.
2. API Salah satu badan yang mengeluarkan sertifikasi untuk pelumas
3. W W adalah Winter yaitu keadaan oli saat musim dingin, kalua di Indonesia jarang dipake. Biasanya nilau yang setelah W yang jadi pertimbangan seperti 0W20, 5w50
4. Kopbas Itu adalah singkatan dari kopling basah, yaitu tipe motor yang kampas kopling nya terendam oleh pelumas
5. PFD Ini adalah salah satu merek pelumas, yaitu Pertamina Fastron Diesel. Salah satu pelumas favorit di LDIC dengan SAE 15W40
6. PFT Ini juga adalah salah satu merek pelumas yaitu pertamina Fastrong techno
7. Fastron melon/ hulk/ijo Ini adalah Pertamina fastron techno dengan  SAE 10w40 yang berlabel warna hijau
8. Fastron janda Ini adalah Petamina Fastron techno dengan SAE 15w50 yang berlabel warna Ungu
9. Fastron Biru Ini dalah keluarga Fastron techno baru dengan SAE 10w30 yang berlabel warna biru
10. FG Fastron Gold dengan SAE 5w30 dan 0w20
11. EOL End of Life atau pake sampe tidak enak
12. FD Fuel Dilution atau pelumas yang kecampur sama sisa pembakaran BBM dan berubah warna ataupun baunya.
13. Drop Test Test Usia pakai pelumas dengan menggukan Tisu tiga lapis
14. MDMX Mobil Delvax MX, salah satu pelumas favorit dengan SAE 15w40
15. MD 1 Mobil Delvac 1, salah satu pelumas Top Tier dengan SAE 5W40
16. M1 Mobil 1 salah satu pelumas top tier dengan SAE 5w50
17. HDEO Heavy Duty Engine OIL atau pelumas kinerja berat lebih sering disebut pelumas DIESEL/TRUK
18. PCMO Passenger Car Motor Oil atau pelumas Mobil penumpang lebih sering disebut pelumas mesin Bensin
19. MCO Motorcycle Oil pelumas mesin kendaraan roda 2
20. LDEO Low Duty Engine OIL atau pelumas mesin diesel ringan seperti Mobil diesel pribadi

Itu adalah beberapa istilah yang sering digunakan dalam diskusi di group. Kalua ada istilah yang tidak di mengerti dan belum dicantumkan silakan bertanya saja, atau kalua malu untuk bertanya silakan searching di dokumen group atau google.

FACEBOOK GROUP LDIC INDONESIA

Komentar via Facebook

Share this post

Comments (0)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.