Review Oli/Pelumas AHMOil SPX di CB150R Facelift

Review Oli/Pelumas AHMOil SPX di CB150R Facelift

Bagi para pengguna CB150R pasti semua sudah merasakan Oli/Pelumas ini.  Jelas kan ini oli gratisan yang diberi oleh Ahass. Oli ini adalah oli gratis yang biasa diberikan oleh ahass kepada pembeli motor baru pada servis pertama. Saya juga sempat menikmati oli ini pada NCB saya, tapi hanya sampai dengan 500KM saja. Salah satu alasan saya hanya menggunakan oli ini sampai dengan 500km adalah karena suara mesin yang cukup kasar dan Virus klotok khas NCB yang mulai menginfeksi motor saya. Berikut ini adalah detail spesifikasi motor dan riwayat oli yang pernah digunakan.

#Review

Motor Honda CB150R Facelift 2016
Riwayat oli SPX
Odometer saat tuang 1000Km
Jarak Tempuh target 2000Km
Jarak Tempuh tercapai 500km

SPX

Awal mula penggunaan oli ini pada motor NCB adalah tarikan yang sangat ringan, dibanding dengan oli bawaan dari pabrik. Impresi awal dari oli cukup mantap, tapi sangat disayangkan saat mesin mulai panas sangat terasa sekali dan kipas dari radiator sangat mudah menyala. Pada kondisi dingin saya akui oli ini sangat Joss, tapi pada kondisi panas sangat tidak nyaman sekali. Secara nilai kekentalan yang tertera pada kemasan oli ini termasuk kedalam oli encer saat dingin maupun panas, jadi jangan aneh tarikan motor akan sangat beringas pada saat pertama start. Tapi itu akan hilang pada saat mesin panas, karena mesin semakin panas akan semakin kasar. Oli ini cukup cocok jika digunakan di dalam kota dengan kondisi yang tidak terlalu macet, jika kondisi macet tidak terlalu di rekomendasikan karena mesin akan sangat panas pada kondisi macet tersebut. Oli ini juga kurang cocok digunakan untuk touring, karena oli encer seperti SPX ini akan mudah menguap dalam suhu mesin yang tinggi seperti pada saat touring.

Berdasar pada pengalaman beberapa rekan yang juga menggunakan oli ini di motornya, Oli ini bisa enak sampai dengan 2000KM. Setelah 2000Km biasa mulai ada gejala ceklak-ceklok di perseneling. Oli ini secara data aman digunakan sampai dengan 4000Km dengan catatan mesin sehat dan tidak ngebul, Tapi ahass hanya merekomendasikan sampai dengan 2000KM saja. Secara jarak tempuh yang aman dicapai oli ini masih belum masuk kedalam kategori oli yang long drain. Sehingga kurang direkomendasikan untuk digunakan jangka lama.

Itu adalah beberapa review dan pengalaman saya dalam menggunakan oli ini dan beberapa teman sesama pengguna NCB, Mungkin ini dapat membantu anda dalam menentukan oli yang cocok untuk motor anda.Terima kasih.

Komentar via Facebook

Share this post

Comments (0)

  • Review Fastron Techno 10W40 - Oli/Pelumas Pertamina - SKYBLU Reply

    […] CB150R terasa sekali perbedaan dengan oli bawaan dari honda yaitu SPX. Review SPX bisa dibaca di Review Oli/Pelumas AHMOil SPX di CB150R Facelift. Oli ini lebih licin dan membuat suara mesin lebih halus, walau bukan oli paling licin yang pernah […]

    11 Oktober 2017 at 00:06

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.