Review Oli/Pelumas Mobil 1 5W50 di Motor CB150R Facelift

Review Oli/Pelumas Mobil 1 5W50 di Motor CB150R Facelift

Berikut ini adalah Review penggunaan pelumas Mobil 1 5W50:

#Review

Motor Honda CB150R Facelift 2016
Riwayat oli SPX, Shell adv ax7, Total hi-perf, PFD
Odometer saat tuang 8000km
Jarak Tempuh target 6000km
Jarak Tempuh tercapai 5000km

mobil1

Itu adalah data teknis kedaan kendaraan yang digunakan. Awal mula penggunaan oli mobil 1 5W50 adalah sangat ringan saat putaran bawah maupun atas, jauh dari kata berat khas oli 50wt. Oli ini menggunakan Base oil Group IV PAO dimana memiliki kelebihan yaitu KV yang ringan. Tapi menurut suhu yang ada di LDIC base oil untuk Mobil 1 5W50 tahun produksi 2016 adalah VHVI, bukan PAO lagi. Hal itu tidak terlalu menjadi masalah untuk long drain, namun mungkin akan sedikit berbeda pada nilai KV nya. Selain daripada itu nilai dari HTHS juga lumayan tinggi yang mana sangat cocok untuk motor. Overall saya rekomendasikan oli ini untuk dicoba sebagai oli yang long drain untuk motor anda.

Berdasar pada data yang diberikan oleh “Hot Mom” bahwa oli ini aman sampai dengan 20000km Untuk pemakaian Normal dan setengahnya untuk pemakaian yang Severe/parah. Penggunaan oli Mobil di motor masuk dalam kategori severe menurut hot mom, jadi bisa di simpulan oli ini aman sampai dengan 10000km jika di gunakan di motor. Tapi kenapa Target saya hanya 6000Km dan jarak tempuh yang tercapai malah lebih sedikit lagi. Sebenarnya ada beberapa factor yang membuat saya hanya menargetkan 6000km salah satunya adalah pemakaian pertama, saya belum tahu seberapa parah penguapan oli ini. Rute biasa yang ditempuh oleh motor adalah rute menanjak dengan kemiringan yang cukup extreme. Jarak yang Ditempuh setiap minggu adalah 500Km dengan beban 100KG.

Pada saat saya memutuskan untuk Drain oli tersebut pada 5000km ternyata penguapan oli ini sangat minim, dari 1,1L yang saya tuang, hanya berkurang 50ML. Alasansaya Drain di 5000Km adalah adanya FD yang parah karena penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai, yaitu Pertamax turbo. Pertamax turbo saat itu baru launcing dan iseng mencoba mengingat kompresi CB150R adalah 11.x, namun ternyata tidak cocok dengan Pertamax turbo dan menyebabkan FD yang cukup parah. Pada akhirnya saya bertobat dan kembali ke Pertamax 92 untuk mendukung Gerakan Long Drain.

Saat ini saya sedang menggunakan oli ini untuk kedua kalinya karena merasa cocok dengan motor saya. Semoga penggunaan kedua ini bisa maksimal dan bisa sampai dengan 10000km. Salam Long Drain!!!

Komentar via Facebook

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.