Mac Address filtering di Wifi.id dan bugnya

wifi id

Mac Address filtering di Wifi.id dan bugnya

Wifi.id corner udah ngga asing lagi mungkin bagi para netter di kota-kota di pulau jawa khususnya. Itu loh tempat nongkrong yang di sediakan sama pihak wifi.id untuk mengakses internet dengan kecepatan tinggi. Tapi pada tau ngga sih kalau wifi.id itu ada bug-nya? Berikut ini adalah bug saya MR.Skyblu temukan saat sedang mencoba sebuah trik baru.

Awal Kisah wifi.id

Beberapa hari lalu seperti biasanya saya nongkrong di wifi.id untuk sekedar browsing dan mengecek “barang baru” di website yang menyediakan download link movie dan seperti biasanya saya hanya just klik disini untu mengakses wifi.id. sebenarnya ada dulu harus ketik “net 5000” tiap mau akses, tapi sekarang udah beda, sekarang tinggal klik disini dan taraaaa…. langsung bisa akses.

sebenarnya itu karena ada layanan khusus untuk pengguna indihome yang hanya membayar 10rb untuk satu perangkat di wifi.id untuk masa aktif satu bulan, harga normal adalah 50rb untuk satu bulan bila bukan pelanggan indihome. ada yang menari menganai layanan yang diberikan wifi.id ini, mungkin bisa dibilang sebuah bug atau apalah terserah saja apa enaknya. oke saya bilang bug, karena sistem yang digunakan untuk memfilter perangkat yang terhubung dengan wifi.id adalah mac address, jadi simplenya gini, perhitungan device untuk perangkat indihome yang bisa terhubung dengan wifi.id adalah berdasarkan mac address nya. bagi orang awam memang ini nothing tapi bagi para penggiat jaringan ini adalah sebuah celah yang sangat nyata.

Bukan dulu bukan sekarang

Dulu mac address ini adalah nomor mesin atau nomor hardware dari perangkat jaringan kita yang katanya tidak bisa di ganti atau dipalsukan, tapi bagaimana dengan sekarang? hal itu masih berlaku? ya hal itu masih berlaku. Tapi dengan bantuan sebuah software yang kecil saja kita sudah bisa untuk merubah mac address milik kita. sebut saja software pengubah mac address seperti TMAC MAC Address Changer untuk pengguna sistem operasi jendela, atau bisa secara manual atau melalui interface bawaan untuk para pecinta penguin. namun ada beberapa pakem terutama untuk pengguna jendela untuk menggunakan aplikasi TMAC itu, seperti jika ingin menggunakan mac address palsu maka dua digit awal harus diawali dengan “02”, mengapa demikian? silakan buka aplikasi TMAC tersebut, di blog mereka sudah menjelaskan kenapa harus demikian. kalau para pecinta penguin gimana? mungkin seperti biasa, penguin itu selalu memberi kebebasan kepada para penggunanya, so apapun itu ngga usah pake “02” di depannya.

Kenapa dengan BUG

Lantas kenapa hal tersebut merupakan bug? untuk para penggiat jaringan skip saja bagian ini :D. hal yang sangat mendasar adalah jika satu hal dijadikan acuan untuk sebuah keamanan karena otentik atau tidak bisa ditiru maka apa yang terjadi jika kemudian hari hal tersebut bisa ditiru, tentunya sudah tidak otentik lagi kan, dan pasti sudah tidak bisa dipakai untuk mengamankan!! nah hal itulah alasan kenapa mac address filtering ini menjadi bug untuk saat ini, karen hal yang telas saya jelaskan sebelumnya!

Bersambung ke lain waktu… terima kasih sudah membaca 😀

Komentar via Facebook

Share this post

Comment (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.