Cara membuat OpenVPN server dengan mudah dan simpel

Cara membuat OpenVPN server dengan mudah dan simpel

OpenVPN udah pada tau kan? ituloh software yang digunakan untuk terkoneksi ke jaringan supaya aman dari penyadapan. Tapi sebenarnya openVPN dibuat bukan untuk itu sih, openVPN dibuat agar mudah terkoneksi antar komputer yang berjauhan dengan bantua Virtual Network. Jadi walau komputer berjauhan bisa dianggap berada sebagai komputer lokal atau LAN. Jadi untuk terhubung antar komputer yang berjauhan tidak diperlukan IP Public yang statik. Dulu untuk menginstall sebuah server OpenVPN diperluan proses yang bisa dikatakan “Berdarah-darah” istilah baratnya sih “Pain in the A*s” susah banget pokoknya. Dari mulai harus install manual, lalu mengubah file config sesuai kebutuhan yang dimana banyak sekali parameter yang harus di set. Setelah itu harus memulai proses untuk menggenerate ¬†sertifikat RSA untuk enkripsi koneksi antar komputer dan masih banyak sekali langkah yang harus dijalankan. Terus untuk apa tutorial ini jika hanya memberi tahu ini itu susah. hahaha.

Persiapan Pertama

Hal yang pertama disiapkan adalah anda harus memiliki VPS (Virtual Private Server) atau Dedicated Server (Horang kayah…) dengan IP public yang statik. Jika server anda tidak memiliki IP Public yang Statik maka akan menambah langkah yaitu harus setting DNS server pada komputer server tersebut. Ok kita anggap saja VPS memiliki minimal satu IP public yang statik.

Persiapan kedua

Silakan anda login ke VPS anda dengan menggunakan akun yang memiliki akses root/SUDO agar bisa menginstall aplikasi openvpn server.

Bersambung dulu ke lain waktu. Terima kasih.

Silakan tinggalkan komentar jika ada yang perlu ditanyakan,

Komentar via Facebook

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *