Senja di Danau Curug Kosambi Karawang

Senja di Danau Curug Kosambi Karawang

CURUG KOSAMBI KARAWANG

Senja di Danau Curug Kosambi – Beberapa waktu lalu saya sempatkan untuk mengambil beberapa gambar senja di danau curug kosambi karawang. Spot ini sebenarnya sudah lama dan bahkan sering saya lewati setiap minggu, tapi baru sempat akhir-akhir ini mengambil spot tersebut. Akhirnya beberapa minggu lalu saya sempatkan untuk mengambil photo di spot ini dan sengaja membawa tripod untuk mengambil photo long exposure tapi akhirnya…. ah sudahlah… 😀

danau curug kosambi

SENJA CURUG KOSAMBI

waktu yang paling bagus dan paling mudah (walau ngga mudah-mudah amat) untuk mengambil photo adalah sore hari, walau kadang pagi dan siang ada hal yang lebih bagus yaitu penangkap ikan dengan perahunya, bagi yang memiliki lensa tele akan sangat bagus momen ini, tapi akan sangat jarang dapat momen yang pas seperti itu. photo diatas adalah salah satu photo yang didapat dengan kamera nikon D3200 dengan lensa kit ditambah CP filter. Setting kamera dengan mode manual dengan data sebagai berikut

  • ISO 100
  • 55mm
  • f/22
  • 1/20sec

pengambilan photo tersebut tanpa menggunakan tripod, sehingga akan terlihat sedikit blur karena shutter speed yang lumayan rendah. Dengan sedikit bantuan dari software pengolah photo saya perbaiki beberapa pencahayaan yang kurang.

Tripod

Pada awal tulisan ini saya bercerita sengaja membawa tripod untuk mengambil photo yang long exposure, tapi ah sudahlah… ternyata setelah saya ribet membawa tripod ternyata hasil tidak sesuai yang diharapkan. saya tidak bisa mengambil gambar dengan shutter tidak bisa lebih dari 3 detik. hal itu karena saya mengambil photo dipinggir jalan samping danau. jalan tersebut dilalui kendaraan dump truck, sehingg tanah ikut goyang kalau ada mobil lewat. Photo diatas adalah photo dengan shutter speed terlama yang bisa saya dapatkan. walau tripod memang tetap saya gunakan tapi tidak sebanding dengan ribetnya bawa tripod pake motor batangan 🙁 . Berikut ini adalah setting kamera yang saya gunakan pada mode manual.

  • ISO 100
  • 55mm
  • f/22
  • 1,6Sec

pada akhirnya saya pulang setelah matahari benar-benar terbenam seluruhnya. sebenarnya spot ini akan sangat bagus apabila mengambil gambar dari pinggir danau, bukan dipinggir jalan dekat danau. terus kenapa saya tidak mengambil disana? karena waktu itu lagi musim tanam padi, jadi kecil untuk kepinggir danau ditutup. mungkin lain kali saya bisa mengambil photo yang lebih baik. berikut ini adalah beberapa photo lain yang saya dapatkan:

 

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

LOKASI DANAU CURUG KOSAMBI

Danau Curug kosambi berada di perbatasan antara purwakarta dan karawang. akses kesana bisa menggunakan kendaraan umum dari pasar kosambi karawang atau menggunakan kendaraan pribadi. Tidak ada tiket masuk ataupun parkir. berikut ini adalah maps dari danau curug kosam karawang.

Akses ke tempat ini bisa dibilang sangat mudah, hal itu dikarenakan tempat ini berada tepat dipingir jalan provinsi yang cukup lebar. selain itu anda bisa coba bereksperimen dengan waktu lain seperti pagi atau siang hari. mungkin akan mendapatkan “interest” yang berbeda dengan apa yang pernah saya buat ini. mungkin pada waktu siang atau pagi anda bisa mendapat shot penangkap ikan dengan perahu. silakan anda bereksperimen sesuka hati.

 

TEKNIK PENGAMBILAN PHOTO

Teknik pengambilan photo yang saya pakai biasa saja, bisa dibilang saya ini masih tukang photo amatir. teknik yang dipakai hanya menggunakan rumus segitiga photoghraphy. tidak ada teknik tingkat tinggi yang saya gunakan, semua pemula juga pasti bisa. tapi memang ada beberapa tool tambahan yang saya gunakan, diantaranya adalah tripod dan filter.

Tripod saya gunakan untuk mengambil photo dengan shutter speed yang lama (long exposure) agar hasil photo tidak blur maka dibutuhkan tripod. filter saya gunakan untuk menampilkan agar langit berwarna biru dengan filter CP. tidak ada tool mahal yang saya gunakan untuk mengambil photo.

jika anda ingin belajar dasar teknik pengambilan photo dengan kamera DSLR bisa lihat disini

EDITING

masalah editing saya tidak terlalu suka banyak melakukan editing. saya hanya melakukan editing komposisi warna, kecerahan dan kontras. editing yang saya lakukan hanya sebatas wilayah pencahayaan. saya tidak lakukan editing yang nantinya malah membuat photo aslinya tidak tampak sama sekali.

 

PRE-WEDDING

Bagi anda yang berniat untu melakukan photo pre-wedding di lokasi ini saya tidak sarankan untuk “menggagalkan” niat anda tersebut. kenapa? karena tempat ini tidak memiliki tempat yang cukup lapang untuk pose-pose pre-wedding. Anda bisa mencari tempat lain yang memiliki luas yang “cukup” untuk melakukan pose-pose pre-wedding, anda tidak mau kan ketika melakukan pose-pose, anda atau pasangan anda tercebur ke sawah? :D.

Di kota karawang sendiri cukup banyak spot pre-wedding luar ruang yang lebih bagus daripada tempat ini. salah satunya di kawasan industri KIIC.

pre-wed kic

photo diatas adalah satu spot photo pre-wedding di kawasan industri KIIC. tempatnya cukup sepi dan bagus dan tentunya GRATISSS….. kalau di danau ini saya sangat tidak sarankan untuk melakukan pre-wedding disana.

 

SPOT LAIN DI KOTA KARAWANG

Karawang ada kota semi-metropolitan, kenapa saya katakan semi-metropolitan? itu karena walau sudah sepeti jakarta tapi masih banyak terdapat pesawahan, pegunungan dan perkebunan walau sedikit-sedikit berubah jadi perumahan. hal itu tidak mengurangi spot-spot bagus yang ada di karawang ini. spot yang saya kira bagus seperti bendungan walahar (walau susah untuk dapat akses kesini), pohon miring yang beberapa waktu lalu cukup viral di karawang, santiong (waktu imlek saja), pesawahan di sepanjang jalan lingkar luar tanjung pura dan masih banyak spot lain yang tentunya sangat menarik untuk dicoba. mungkin beberapa waktu kedepan akan saya jelajahi satu persatu tempat itu.

AKHIR KATA

saya ucapkan terima kasih kepada yang telah membaca tulisan ini sampai akhir. semoga bisa menambah ilmu dan wawasan anda. pada akhirnya jangan lupa untuk terus berbagi dan jika mau silakan bagikan tulisan ini kepada orang yang membutuhkannya. saya hanya “tukang photo amatir” mohon maaf dan koreksi jika ada kesalahan dalam penulisan artikel ini. Terima kasih.

Komentar via Facebook

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.