Mengakali dan Membypass Blok yang dilakukan oleh Provider Internet yang Ada di Indonesia

Mengakali dan Membypass Blok yang dilakukan oleh Provider Internet yang Ada di Indonesia

Mungkin sudah tidak asing lagi dengan web yang di blok oleh provider internet yang ada di negeri kita ini. Hal itu bermula dari menteri kominfo jaman presiden S*Y, akhirnya sekarang jadi ke terusan pake acara blok sana blok sini. Efek dari blok sana-sini adalah DNS server yang tidak stabil kaya dulu lagi. Banyak sekarang web yang diblokir oleh pemerintah dan ISP ikut mengaminkan dan parahnya lagi beberapa web yang di blok adalah web yang menurut saya tidak bersasalah. Web yang menebar kedengkian dan berita HOAX okelah untuk di blokir, tetapi kadang forum seperti reddit juga ikut kena imbasnya.

Mengakali Blokir Provider Internet

Pada saat awal mulai mencuat isu pemblokiran web di negeri kita ini yang di mulai dengan ISP plat merah itu tidak separah sekarang. Dulu hanya ISP plat merah tersebut yang melakukan blokir, namun sekarang hampir semua ISP melakukan blokir pada web tertentu, bahkan yang lebih parah mereka malah mengarahkan ke web mitra mereka. Pemblokiran yang dilakukan oleh ISP dulu sangat mudah untuk membypass-nya hanya tinggal mengganti dengan DNS pihak ke tiga seperti OpenDNS atau google DNS dan semua blokir selesai tanpa masalah sedikitpun. Sekarang blokir yang dilakukan lebih kompleks, sudah tidak bisa lagi di bypass dengan cara mengganti DNS dengan DNS pihak ketiga. Lalu apa solusi yang bisa dilakukan untuk melewati blokir tersebut? Berikut ini adalah cara yang sudah terbukti bisa dilakukan untuk melewati blokir ISP.

Proxy

proxy

Proxy adalah salah satu cara tercepat dan termudah untuk melewati atau membypass blokir yang dilakukan ISP di negeri kita ini. Kenapa proxy? proxy saat ini mudah sekali untuk didapatkan, anda tinggal searching dengan google dengan keyword “proxy” maka akan muncul semua list proxy, baik yang “free” alias gratis atau ada juga yang bayar. Proxy sendiri dibagi dua jenis menurut saya, yang pertama adalah web proxy dan IP proxy. Keduanya bisa digunakan untuk melewati blokir ISP, tapi menurut saya IP proxy lebih fleksibel dalam penggunaannya dibanding dengan web proxy. Penjelasan mengenai IP Proxy dan web proxy bisa dilihat di postingan lain di blog ini.

Anda bisa dengan mudah mencari proxy di internet ini, hanya tinggal gunakan mesin pencari google dan tara… anda sudah menemukan web yang menyediakan proxy secara gratis. Salah satu web yang menyediakan list Web Proxy adalah Proxy4free disana banyak sekali web proxy yang tersedia secara gratis. Saran saya gunakan web proxy dengan Country asal dari negara-negara eropa seperti germany supaya lebih aman, Sangat tidak disarankan menggunakan web proxy dengan negara-negara asia karena banyaknya phising.

Jika anda lebih tertarik menggunakan IP proxy karena lebih fleksibel dalam penggunaannya maka anda bisa mengunjungi salah satu web penyedia IP Proxy yang cukup terkenal, sebut saja seperti hidemyass. Disana memuat banyak list dari IP proxy walau tidak semua gratis, tapi saya jamin banyak sekali IP proxy gratis disana, tinggal bagaimana anda mencarinya dengan baik. Soal penggunaan IP proxy anda tinggal masukan saja ip dan port proxy di seetting jaringan komputer anda, kalau masih awam sekali silakan gunakan google dengan keyword setting proxy di browser.

Local Proxy Over SSH

SSH

Mungkin sudah tidak asing lagi dengan hal ini bagi para pengguna internet gratis atau injek mania. Teknik menggunakan beberapa software tambahan seperti Bitevise SSH client dan Proxifier. Cara ini lebih aman dibanding dengan cara sebelumnya, namun memiliki sedikit kesulitan pada saat setting bitvise client ataupun proxifier. Selain kesulitas pada saat setting kedua software tersebut, dibutuhkan pula akun SSH untuk membuat koneksi ke server remote. Berdasar tingkat kesulitan cara ini adalah yang paling sulit karena membutuhkan software tambahan lebih dari satu. Metode ini pada dasarnya hanya membuat proxi tetapi berada pada IP lokal kita yaitu 127.0.0.1, sehingga lebih aman.

Menggunakan metode ini cukup baik jika anda sudah pernah menggunakan kedua software itu sebelumnya. Jika anda belum pernah menggunakan software itu sama sekali, maka cara ini tidak disarankan karena kesulitan dalam setting kedua software tersebut. Jika anda sudah pernah menggunakan kedua software tersebut maka cara ini bisa dicoba untuk melewati blokir ISP indonesia. Banyak akun SSH gratis yang bertebaran di internet, dari yang gratis sampai berbayar. Banyak server ssh gratis dari yang masa aktif satu hari sampai dengan seumur hidup salah satunya bisa anda dapatkan di FastSSH, Anda bisa memilih server mana yang lebih cocok dengan anda, dari indoensia samapai dengan amerika ada disana. Masa aktif akun SSH terbatas dari 3 hari sampai dengan 7 hari, jadi setiap 3 atau 7 hari anda harus membuat akun SSH baru di web tersebut.

Pada akhirnya cara ini adalah cara yang menurut saya paling sulit namun jika anda telah menguasainya maka akan menjadi cara yang paling mudah untuk dilakukan. Jika anda sudah mengerti penggunaan kedua software tersebut maka anda hanya tinggal membuat akun SSH saja. Cara Terakhir dibawah ini adalah cara teraman dan termudah menurut saya. silakan disimak terus update dari tulisan ini.

Virtual Private Network

openvpn

 

Bersambung kelain waktu…

 

Komentar via Facebook

Share this post

Comments (3)

  • Download torrent dengan mudah, cepat dan aman - SKYBLU Reply

    […] kickass. Tapi hal itu mudah saja untuk di lewati dengan menggunakan teknik pada artikel ini Mengakali dan Membypass Blok yang dilakukan oleh Provider Internet yang Ada di Indonesia dan selesai sudah masalah blokir yang ada. Namun bagaimana jika yang di blokir itu ada tracker […]

    19 Februari 2017 at 09:53
  • SF 1 Playpark Wallhack Chams Cheat Dec 16 Release After Patch Reply

    Hi, bing lead me here, keep up nice work.

    3 September 2017 at 12:15
  • WE Reply

    Hey there! I’ve been reading your website for a while
    now and finally got the bravery to go ahead and give you a shout out from Dallas
    Tx! Just wanted to tell you keep up the excellent job!

    2 November 2017 at 17:12

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *